Full width home advertisement

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Berita

Wisata

Post Page Advertisement [Top]

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
Sebanyak ribuan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengikuti upacara penerjunan Kuliah Kerja Nyata - Program Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM) Periode 4 Tahun 2023, yang dilepas oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia. Berita utama ini dipublikasikan dalam DPkM pada tanggal 17 Desember 2023 pukul 13.20.

Kepala BPIP, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D memberikan arahan kepada 1.172 mahasiswa dan dosen yang akan melaksanakan KKN-PPM UGM Periode 4 Tahun 2023 di halaman Balairung pada tanggal 15 Desember. Dengan tema utama "Penguatan Ideologi, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Pemantauan Pemilu," Yudian berharap mahasiswa dapat menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa. Mahasiswa juga diharapkan dapat membantu menyosialisasikan nilai-nilai tersebut kepada warga di lokasi KKN, termasuk generasi muda, yang merupakan penerus bangsa dan memiliki peran penting dalam kemajuan bangsa.



Yudian menyampaikan harapannya agar mahasiswa menjadi penyambung lidah nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat, membawa obor nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan usaha keras dalam mewujudkan Keadilan Sosial. Terkait dengan Pemilu serentak yang akan segera dilaksanakan, Yudian menekankan pentingnya persatuan dalam mencapai tujuan bersama.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG (K)., Ph.D, juga menyampaikan pesan kepada peserta penerjunan KKN-PPM Periode ini. Beliau menekankan pentingnya menanamkan kepribadian nasionalisme dan jiwa Pancasila sebagai kunci ketahanan nasional menghadapi berbagai tantangan masa depan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat dan Alumni, Dr. Arie Sujito, S.Sos, M.Si, menjelaskan bahwa pelaksanaan KKN-PPM UGM Periode 4 Tahun 2023 akan berlangsung secara luring penuh dari tanggal 18 Desember 2023 sampai dengan 15 Februari 2024. Program ini melibatkan ribuan mahasiswa dari 19 Fakultas yang tersebar di 45 unit lokasi, menjangkau 13 provinsi, 30 kabupaten/kota, dan 44 kecamatan di Indonesia.

Rangkaian penerjunan diakhiri dengan simbolis penyematan atribut kepada perwakilan mahasiswa, DPL, dan Korwil. Penerjunan KKN kali ini juga dimeriahkan oleh penampilan budaya Tari Barongan dari Kabupaten Pati sebagai bentuk pelestarian budaya Indonesia. Beberapa mahasiswa menyampaikan kesan positif dan inspirasi setelah mengikuti penerjunan ini, dan berencana mengimplementasikan pembelajaran mereka di lokasi KKN-PPM masing-masing.

Info : https://pengabdian.ugm.ac.id/2023/12/17/ribuan-mahasiswa-ugm-ikuti-upacara-penerjunan-kkn-ppm-periode-4-tahun-2023-dilepas-oleh-kepala-badan-pembinaan-ideologi-pancasila-republik-indonesia/

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib